E.1.
KELAS VII SEMESTER
GANJIL
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam
mengkaji khazanah keislaman.
|
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan
bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
3.3 Menemukan
makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
ا
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
dalam
berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar sesuai konteks
|
Tarkib:
|
المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة + الخبر(الصفة)
والجهات؛ الضمائرالمفردة المتصلة
|
E.2.
KELAS:
VII SEMESTER II
Kompetensi
inti
|
Kompetensi
dasar
|
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab
yang berkaitan dengan :
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.2 Melafalkan
bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang
topik:
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang :
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topik
العنوان؛
بيتي؛ من يوميات الأسرة
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar sesuai konteks
|
Tarkib:
|
الأرقام1
- 100؛ خبرمقدم (الجهات، عند، اللام) + مبتدأ مؤخر؛ النعت
المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
|
E.3. KELAS: VIII SEMESTER I
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislamana yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam
mengkaji khazanah keislaman.
|
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan
kalimat bahasa
Arab yang
berkaitan dengan:
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
3.3 Menemukan
makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon tentang:
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai kontek
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang :
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang :
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
dalam
berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik
الساعة؛
يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar sesuai konteks
|
Tarkib:
|
أسئلة
عن الساعة؛ الجملة الاسمية؛ الجملة الفعلية والفاعل المفرد؛ المفعول به؛ الجملتان
وأنواع الجمع
|
E.4. KELAS: VIII SEMESTER II
Kompetensi
inti
|
Kompetensi
dasar
|
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislamana yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab
yang berkaitan dengan :
المهنة
والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.2 Melafalkan
bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang
berkaitan dengan:
المهنة
والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang
topik
المهنة
والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
المهنة
والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang :
المهنة
والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang :
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topik
المهنة
والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
Tarkib:
|
(أن–لن–لِـ) + فعل مضارع؛ المصدرالصريح؛
الفعل الماضي والجملة الفعلية
|
E.5. KELAS : IX SEMESTER I
Kompetensi
inti
|
Kompetensi
dasar
|
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab
yang berkaitan dengan :
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
baik secara lisan
maupun tertulis.
3.2 Melafalkan
bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang
berkaitan dengan:
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang
topik
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana
tentang :
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang :
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topik
رأس السنة
الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
Tarkib:
|
تصريف الفعل
الماضي؛ كان واسمها وخبرها المفرد؛ (لاالناهية،
لم) + الفعل المضارع؛ المجرد والمزيد من الفعل الثلاثي
|
E.6. KELAS : IX SEMESTER II
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam
mengkaji khazanah keislaman.
|
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan
bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
جمال الطبيعة؛
خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
3.3 Menemukan
makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
|
4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة؛
خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
جمال الطبيعة؛
خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang :
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang :
جمال الطبيعة؛
خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
dalam
berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik
جمال الطبيعة؛
خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar sesuai konteks
|
Tarkib:
|
فعل الأمر وتصريفه؛ الموصول (الذي، التي، الذين، اللاتي)؛ اسم
التفضيل
|
0 comments:
Post a Comment