E. BAHASA ARAB
E.1.
KELAS I
SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
||
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
|
|
1.2
|
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia
dan bahasa yang beragam
|
||
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
2.1
2.2
|
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap
keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1.
|
Mengenal bunyi mufradat
terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛التعارف؛ الأدوات
الكتابية؛
الأدوات المدرسية)
baik secara lisan maupun tulisan
|
|
3.2.
|
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛التعارف؛ الأدوات الكتابية؛
الأدوات المدرسية)
|
||
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
4.1.
|
Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛
الأدوات المدرسية)
|
|
4.2.
|
Menyebutkan makna
dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛التعارف؛ الأدوات الكتابية؛
الأدوات المدرسية)
|
||
Ungkapan Komunikatif
|
Seperti:
بسم الله
الرحمن الرحيم – نَعْمَل الكَشْف - حَاضِر،مَوْجُوْد،
غَائِب – أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ- تَعَال إِلَى الأَمَام – اِفْتَحْ
الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة - اُنْظُرْ
إِلَى الكِتَاب !،- أَغْلِقْ
الكِتَاب!- اُنْظُرْ
إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! اِسْتَمِعْ
جَيِّدًا! - أَعِدْ – اِسْأَلْ، أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب.
|
||
E.2.
KELAS I SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
||
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
|
|
1.2
|
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan
manusia dan bahasa yang beragam
|
||
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
|
2.1
2.2
|
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap
keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1.
|
Mengenal bunyi mufradat
terkait topik:
(العدد1 - 10؛أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
baik secara lisan maupun tulisan
|
|
3.2.
|
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
(العدد1 - 10؛أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
|
||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1.
|
Menirukan bunyi mufradat
terkait topik:
(العدد1 - 10؛أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
|
|
4.2.
|
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(العدد1 - 10؛ أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
|
||
Ungkapan Komunikatif
|
Seperti:
بسم الله
الرحمن الرحيم – نَعْمَل الكَشْف - حَاضِر،مَوْجُوْد،
غَائِب – أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ-
تَعَال إِلَى الأَمَام – اِفْتَحْ الكِتَاب،اِفْتَحْ
هَذِهِ الصَفْحَة
- اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب! - أَغْلِقْ الكِتَاب!- اُنْظُرْ
إِلَى السَبُّوْرَة ! اِسْمَع !- اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ جَيِّدًا! - أَعِدْ – اِسْأَلْ–أَجِبْ - قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب.
|
||
E.3.
KELAS II SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
||
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
|
|
1.2
|
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan
manusia dan bahasa yang beragam
|
||
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
|
2.1
2.2
|
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap
keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1.
|
Mengenal bunyi mufradat
terkait topik:
أفراد المدرسة ؛الزي المدرسيّ؛
المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
baik secara lisan maupun tulisan
|
|
3.2.
|
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛
المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
|
||
3.3
|
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛
المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
|
||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1.
|
Menirukan bunyi mufradat
terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛
المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
|
|
4.2.
|
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛
المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
|
||
4.3
|
Membaca ujaran kata
(mufradat) terkait topik:
أفرادالمدرسة؛ الزي المدرسيّ؛
المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
|
||
Ungkapan Komunikatif
|
Seperti: بسم الله الرحمن الرحيم – نَعْمَل الكَشْف -حَاضِر،مَوْجُوْد،
غَائِب – أَيْنَ فُلان؟ - عبارةالتحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ-
تَعَال إِلَى الأَمَام – اِفْتَحْ
الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة –اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب !،- أَغْلِقْ الكِتَاب! - اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ
جَيِّدًا! أَعِدْ – اِسْأَلْ،أَجِبْ،قُلْ - اِقْرَأْ ! طيّب –هَيَّ انَقْرَأْ! – اِرْفَعْ
صَوْتَك! – وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًا – بالـْمَجْمُوْعَة – مَرَّةً أُخْرَى!
|
||
E.4.
KELAS II SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
||
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
|
|
1.2
|
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan
manusia dan bahasa yang beragam
|
||
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
|
2.1
2.2
|
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap
keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1.
|
Mengenal bunyi mufradat
terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛الأدوات
في البيت
baik secara lisan maupun tulisan
|
|
3.2.
|
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارةالمرور؛
الأدوات في البيت
|
||
3.3
|
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛الأدوات
في البيت
|
||
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1.
|
Menirukan bunyi mufradat
terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛
الأدوات في البيت
|
|
4.2.
|
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارةالمرور؛
الأدوات في البيت
|
||
4.3
|
Membaca ujaran kata
(mufradat) terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛
الأدوات في البيت
|
||
Ungkapan Komunikatif
|
Seperti:
بسم الله
الرحمن الرحيم – نَعْمَل الكَشْف - حَاضِر،مَوْجُوْد،
غَائِب – أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ- تَعَال إِلَى الأَمَام – اِفْتَحْ
الكِتَاب،اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة - اُنْظُرْ
إِلَى الكِتَاب !،- أَغْلِقْ
الكِتَاب! اُنْظُرْ
إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ جَيِّدًا! - أَعِدْ – اِسْأَلْ،أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! -طيّب – هَيَّا نَقْرَأْ! - اِرْفَعْ صَوْتَك! - وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًا – بالـْمَجْمُوْعَة - مَرَّةً أُخْرَى!
|
||
E.5.
KELAS III SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
||
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
|
|
1.2
|
Meresapi keagungan Allah SWT atas penciptaan makhluk
hidup dan keragaman bahasa
|
||
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
|
2.1
2.2
|
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap
keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan
keluarga, tetangga, teman dan guru
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, tetangga, teman, dan guru
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1.
|
Mengenal bunyi mufradat
terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
|
3.2.
|
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
||
3.3
|
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
||
|
3.4
|
Memahami mufradat dan
teks sederhana terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1.
|
Menirukan bunyi mufradat
terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
|
4.2.
|
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
||
4.3
|
Membaca ujaran kata
(mufradat) terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
||
4.4
|
Menyalin mufradat dan
teks sederhana terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛
الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
||
Ungkapan Komunikatif
|
Seperti:
بسم الله
الرحمن الرحيم – نَعْمَل الكَشْف -حَاضِر، مَوْجُوْد،
غَائِب – أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ – تَعَال إِلَى
الأَمَام – اِفْتَحْ
الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة - اُنْظُرْ
إِلَى الكِتَاب ! – أَغْلِقْ الكِتَاب! اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! اِسْتَمِعْ
جَيِّدًا! - أَعِدْ – اِسْأَلْ،
أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب .
هَيَّا نَقْرَأْ! - اِرْفَعْ صَوْتَك! - وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًا – بالـْمَجْمُوْعَة - مَرَّةًأُخْرَى! - خُذْ! - أَعْطِنِيْ، هَات– جَاءَ وَقْتُ
الاسْتِرَاحَة اِنْتَهَى دَرْسُنَا- الحمدلله - بِسُرْعَة!
|
||
E.6.
KELAS III SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
|
Kompetensi dasar
|
|||
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
|
||
1.2
|
Meresapi keagungan Allah SWT atas penciptaan makhluk
hidup dan keragaman bahasa
|
|||
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangganya
|
2.1
2.2
|
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap
keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan
keluarga, tetangga, teman dan guru
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, tetangga, teman, dan guru
|
||
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1.
|
Mengenal bunyi mufradat
terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
||
3.2.
|
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
|||
3.3
|
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
|||
|
|
3.4
|
Memahami mufradat dan
teks sederhana terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1.
|
Menirukan bunyi mufradat
terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
||
4.2.
|
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
|||
4.3
|
Membaca ujaran kata
(mufradat) terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
|||
4.4
|
Menyalin mufradat dan
teks sederhana terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛
مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
|
|||
Ungkapan Komunikatif
|
Seperti:
بسم الله
الرحمن الرحيم – نَعْمَل الكَشْ -حَاضِر، مَوْجُوْد،
غَائِب – أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ – تَعَال إِلَى
الأَمَام – اِفْتَحْ
الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة - اُنْظُرْ
إِلَى الكِتَاب ! – أَغْلِقْ الكِتَاب!- - اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ جَيِّدًا! - أَعِدْ – اِسْأَلْ،
أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب .
هَيَّا نَقْرَأْ! – اِرْفَعْ
صَوْتَك!- وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًا – بالـْمَجْمُوْعَة – مَرَّةً أُخْرَى! - خُذْ! - أَعْطِنِيْ، هَات– جَاءَ وَقْتُ
الاسْتِرَاحَة اِنْتَهَى دَرْسُنَا- الحمدلله - بِسُرْعَة!
|
|||
0 comments:
Post a Comment