Wednesday, May 1, 2013

Contoh RPP Bahasa Arab 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah          :
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : 1/Genap
Alokasi Waktu            : 2x 40 menit (1 kali pertemuan)
Pertemuan ke-             : III (tiga)

A.    Standar Kompetensi :
Membaca (Qira’ah)
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan

B.     Kompetensi Dasar :
1.      Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang  أسرتي   NK. Keberanian
2.      Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang أسرتي .NK Keingintahuan
3.      Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang أسرتي  NK Keingintahuan

C.    Indikator :
1.      Mengucapkan  mufradat baru  tentang أسرتي dengan lafal yang  baik dan benar NK Keingintahuan
2.      Mengucapkan materi hiwar tentang أسرتي dengan intonasi yang baik dan benar NK.Kedisiplinan
3.      Melakukan tanya jawab dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan NK Keingintahuan
4.      Menjawab pertanyaan atau latihan tentang kandungan bahan qira’ah dengan baik dan benar NK.Kedisiplinan

I.                   Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat mengucapkan mufradat baru tentang  أسرتي dengan lafal yang baik dan benar NK.Keingintahuan
2.      Siswa dapat mengucapkan  materi hiwar tentang ا أسرتي   dengan intonasi yang baik dan benar. NK.Kedisiplinan
3.      Siswa dapat melakukan Tanya jawab dengan mufradat dan struktur kalimat yang telah diajarkan NK.Kedisiplinan
4.      Siswa dapat menjawab pertanyaan atau latihan tentang kandungan bahan qira’ah dengan baik dan benar NK Keingintahuan dan Kerjasama
II.                Materi Ajar
·         Hiwar  tentang أسرتي dengan menggunakan 20 mufrodad baru seperti ; أب، أم، زوج، زوجة، عم ، عمة، جد، جدة، إبن، إبنة، أخ، أخت، أخ كبير ، أخت صغيرةYang dan struktur kalimat dasar yang terdiri dari فعل مضارع مفردyang dan Membaca  hiwar mengenai أسرتي
III.              Model/Metode Pembelajaran
1.      Aktive learning/Reading guide (panduan membaca)
2.      Istima’
3.      Praktek hiwar
4.      Menyanyi

IV.             Langkah-langkah Pembelajaran
Sesi
Langkah-langkah
Kegiatan
Waktu
















2jpx40menit














a.       Kegiatan awal
1.      Membaca do’a bersama sebelum belajar. NK Religi
2.      Appersepsi (Motivasi kepada siswa untuk semangat belajar dan memberi wawasan betapa pentingnya mempelajari bahasa Arab(NK.Kepedulian)
3.      Mengulangi sedikit materi minggu yang lalu NK. Keingintahuan
4.      Menyampaika tujuan pembelajaran NK.Kepedulian
5.      Guru mengabsen kehadiran siswa NK. Tanggungjawab
15 menit
b.      Kegiatan inti
1.        Guru meminta siswa untuk membuka buku panduan belajar NK.Kedisiplinan
2.        Guru membacakan hiwar pada NK.Kedisiplinan
3.        Guru meminta siswa mendengarkan lalu menirukan Guru NK.Kreatif
4.        Guru menunjuk murid untuk mempraktekkan perkenalan dengan bahasa Arab (tes lisan) NK.Kedisiplinan dan keingintahuan)
5.        Guru menuliskan kurang lebih 20 mufradat baru yang berkaitan dengan hiwar dan sekolah NK. Keberanian
60 menit
c.       Kegiatan akhir
·      Guru bersama-sama siswa bernyanyi sambil menghafal kosa kata yang telah dipelajari NK.Kreatif
·      Salam terakhir dan berdo’a NK.Religi
05 menit


V.                Sumber belajar dan Bahan ajar
1.      Buku panduan bahasa Arab untuk MTs kelas VII kurikulum 2008
2.      LKS  Mata Pelajaran bahasa Arab kelas VII

VI.             Penilaian
Penilaian

-    Tes lisan
·         Menugaskan siswa untuk memperkenalkan dirinya dengan bahsa Arab
·         Membaca teks qiro’ah dengan baik dan benar
(sesuai teks yang terlampir)


LEMBAR PENILAIAN
I. Tes lisan /unjuk kerja
No.
Nama Siswa
Kemampuan Membaca dan Menghafal
1
2
3
4
5
1.            






2.            






3.            






Dst







Keterangan :                                                                 Skor Tes lisan/unjuk kerja :
1  = Membaca lancar dan baik                                        = 80 – 90 = A
2  = Membaca kurang baik                                              = 70 – 79 = B
3  = Membaca terbata-bata                                             = 60 – 69 = C
4  = Membaca terbata-bata dengan bantuan guru           = 50 – 59 = D
5  = Tidak dapat membaca                                              =kurang dari 50 =  E


Mengetahui,


Kepala                                                                                                  Guru Bahasa Arab



                                                                                                           _______________
NIP.




الساعة
(أ)
+ : في أيّ ساعة تذهب إلى المدرسة ؟
-: نذهب في الساعة السَّادسة و النّصف بَعد تَنَاوُلِ الفُطُوْر
+ : كم الساعة الآن ؟
-: السّاعة السادسة
+ : تعال تتناول الفطور، ثُم نذهب إلى المدرسة
(ب)
+ : كم الساعة يستغرق الذهاب إلى المدرسة؟
-: يستغرق نصف ساعة .
+ : بالسّيّارة؟
-: نعم، بالسيّارة . المدرسة بعيدة قليلا عن البيت.

1 comment: