Adapun langkah-langkah dalam bermain Scrabby adalah sebagai berikut:
1. Mempersiapkan kamus yang akan digunakan sebagai
pedoman selama permainan berlangsung.
2. Meletakkan semua biji huruf ke dalam
kantong biji huruf dan mengacaknya.
3. Peserta yang mendapat huruf A atau
berdekatan dengan huruf A mendapat giliran pertama main. Dalam versi bahasa
Arab, pemain pertama adalah peserta yang mendapat huruf alif (ا) atau huruf
yang berdekatan dengan alif (ب0ت0ث), dan
seterusnya.
4. Setiap pemain mengambil tujuh biji huruf
secara acak dan meletakkannya pada rak huruf yang telah disediakan.
Masing-masing pemain harus merahasiakan huruf-huruf yang dimilikinya dari lawan
main mereka.
5. Pemain pertama membentuk sebuah kata di
atas papan permainan. Kata tersebut dapat dibentuk baik secara horizontal
(mendatar/dari kanan ke kiri), maupun vertikal (menurun/dari atas ke bawah).
Peletakan biji huruf dengan susunan diagonal (miring) tidak diizinkan dalam
permainan ini.
6. Kata pertama yang dibentuk oleh pemain
pertama harus melewati kotak paling tengah pada papan permainan, yang ditandai
dengan gambar bintang.
7. Pemain pertama menyelesaikan gilirannya
dengan menghitung dan mengumumkan jumlah skor (nilai) yang didapat dari penghitungan
total skor kata yang dibentuknya, kemudian mencatatnya. Skor huruf tertulis
pada bagian pojok bawah setiap biji huruf.
8. Setelah pemain pertama berhasil membentuk
satu kata dari huruf-huruf yang dimiliknya, kemudian pemain pertama mengambil
biji huruf baru sejumlah keping biji huruf yang telah dipergunakan sebelumnya,
sehingga dia tetap mempunyai tujuh biji huruf di rak hurufnya.
9. Demikian pula pemain kedua dan seterusnya.
Giliran selanjutnya berputar dari arah pemain pertama, berurutan searah jarum
jam.
10. Masing-masing pemain mendapat giliran
bermain dan membentuk satu kata baru dengan menambahkan sebuah atau lebih biji
huruf pada papan permainan. Peletakan biji huruf harus tetap pada posisi vertikal
ataupun horizontal, dimana salah satu biji huruf dari kata bentukan yang baru
harus melewati biji-biji huruf yang sudah terbentuk pada papan permainan, tanpa
merubah posisi semula.
11. Kata-kata baru dapat dibentuk dengan
beberapa cara berikut:
a. Menambahkan satu atau lebih huruf pada satu
kata atau huruf yang telah disusun oleh pemain sebelumnya pada papan permainan
b. Meletakkan huruf-huruf secara bersilang
pada suatu kata atau huruf yang telah tersusun di atas papan permainan
c. Metelakkan sebuah kata secara sejajar
dengan kata yang ada di atas papan permainan dengan tetap menempel pada huruf
atau kata sebelumnya
d. Menyisipkan sebuah huruf atau lebih
diantara kata-kata yang sudah terbentuk di papan permainan, sehingga rangkaian
huruf yang terbentuk dari kedua arah merupakan huruf yang lengkap, tanpa
merusak susunan kata sebelumnya.
12. Biji kosong merupakan “Joker” yang bisa
digunakan sebagai huruf apapun, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemain
yang mendapatkannya. Pemain harus menyatakan huruf apa yang dia kehendaki, dan
setelah itu huruf tersebut tidak dapat dirubah kembali selama permainan
berlangsung. Biji kosong ini tidak memiliki skor huruf (berniali nol).
13. Setiap pemain yang tidak dapat membentuk
satu kata dengan huruf-huruf yang dia miliki harus mengucap kata “pas” atau
“lewat”, sehingga ia kehilangan gilirannya, dan secara otomatis dilanjutkan
oleh giliran pemain selanjutnya.
14. Semua kata yang terdapat dalam kamus dapat
digunakan, kecuali nama-nama khusus, singkatan-singkatan, nama orang/tokoh,
nama tempat/daerah, dll. Pemain diperbolehkan memeriksa dengan kamus untuk mencocokkan
benar tidaknya susunan huruf pada suatu kata yang diragukan semua pemain.
Proses ini dilakukan setelah pemain membentuk suatu kata yang diragukan kebenaran
susunannya oleh pemain lainnya. Jika ternyata kata tersebut tidak dapat
diterima, si pemain harus mengambil kembali biji-biji yang dia pakai dan
kehilangan giliran bermainnya.
15. Permainan dinyatakan berakhir jika:
16. Semua biji huruf habis digunakan atau tidak
terdapat area pada papan permainan,
· Sisa huruf yang dimiliki masing-masing
pemain sudah tidak dapat digunakan untuk membentuk huruf lagi.
· Adanya kesepakatan waktu bermain yang
ditentukan di awal permainan
· Adanya kesepakatan poin maksimal yang harus
dicapai, sehingga permainan dinyatakan selesai ketika salah seorang pemain
telah mencapai jumlah poin tersebut dan menjadi pemenang.
Cara Penghitungan Skor:
1. Jumlah poin yang diperoleh oleh pemain
ditentukan dari penjumlahan seluruh poin huruf dari kata yang berhasil
dibentuknya.
Misal:
Pada giliran pertama, pemain pertama memiliki 7 huruf
sebagai berikut:
و 2
|
س 2
|
د 2
|
ا 1
|
م 2
|
ء 7
|
ر 2
|
Ia berhasil membentuk kata (مدرس),
س 2
|
ر 2
|
د 2
|
م 2
|
maka jumlah poin yang diperoleh pemain pertama pada
giliran pertamanya adalah: 2+2+2+2= 8
2. Poin ini bisa bertambah dan berlipat ganda
jika biji-biji hurufnya melewati papan bidang istimewa (petak-petak khusus dengan
warna yang berbeda)
Nilai bidang istimewa adalah sebagai berikut:
Warna
Petak
|
Bentuk
Petak
|
Fungsi
|
Penjelasan
|
Jumlah
|
Merah
|
|
Mengalikan
poin seluruh huruf dari satu kata yang terbentuk di atas bidang berwarna
“merah” ini, sebanyak 3 kali lipat
(Triple
Word Score)
|
Bila
kata yang dibuat menyentuh petak berwarna merah
ini, maka poin untuk kata tersebut
dikalikan
3
|
8
petak
|
Ungu
|
|
Mengalikan
poin seluruh huruf dari satu kata yang terbentuk di atas bidang berwarna “ungu”
ini, sebanyak 2 kali lipat
(Double
Word Score)
|
Bila
kata yang dibuat menyentuh petak berwarna ungu
ini, maka poin untuk kata tersebut dikalikan 2
|
16
petak
|
Kuning
|
|
Mengalikan
poin huruf yang terletak di atas bidang berwarna “kuning” ini, sebanyak 3
kali lipat
(Triple
Letter Score)
|
Ubin
biji huruf yang diletakkan di atas petak berwarna kuning
ini, nilai hurufnya dikalikan 3
|
24
petak
|
Pink
|
|
Mengalikan
poin huruf yang terletak di atas bidang berwarna “pink” ini, sebanyak
2
kali lipat
(Triple
Letter Score)
|
Ubin
biji huruf yang diletakkan di atas petak berwarna pink
ini, nilai hurufnya dikalikan 3
|
12
petak
|
3. Nilai tambah hanya berlaku satu kali, yaitu
pada giliran pemain yang membentuk satu kata pada bidang itu pertama kali. Pada
giliran selanjutnya, nilai huruf tersebut terhitung sesuai dengan poin yang
tertera pada biji huruf yang dimainkan (bidang istimewa tidak berfungsi lagi).
4. Penghitungan poin bersifat kumulatif. Jadi,
total nilai pada giliran sebelumnya selalu ditambahkan dengan total nilai pada giliran
selanjutnya.
Keistimewaan permainan ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
1. Bermain scrabby dengan papan magnetik (cocok untuk kelompok kecil)
2. Bermain scrabby dengan papan banner (cocok untuk kelas besar)
kak mintak email boleh?? mau konsultasi ..
ReplyDeletemaaf kak apa kami bisa bertanya lebih
ReplyDeletemungkin bisa d konfirmasi melalui email atau melalui nomer. WA?