Wednesday, September 4, 2019

Aturan Permainan Scrabby

Scrabby (Scrabble Arabiy) yang saya kembangkan, selain merupakan media permainan, juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa Arab.


Adapun langkah-langkah dalam bermain Scrabby adalah sebagai berikut:

1.      Mempersiapkan kamus yang akan digunakan sebagai pedoman selama permainan berlangsung.
2.      Meletakkan semua biji huruf ke dalam kantong biji huruf dan mengacaknya.
3.      Peserta yang mendapat huruf A atau berdekatan dengan huruf A mendapat giliran pertama main. Dalam versi bahasa Arab, pemain pertama adalah peserta yang mendapat huruf alif (ا) atau huruf yang berdekatan dengan alif (ب0ت0ث), dan seterusnya.
4.      Setiap pemain mengambil tujuh biji huruf secara acak dan meletakkannya pada rak huruf yang telah disediakan. Masing-masing pemain harus merahasiakan huruf-huruf yang dimilikinya dari lawan main mereka.
5.      Pemain pertama membentuk sebuah kata di atas papan permainan. Kata tersebut dapat dibentuk baik secara horizontal (mendatar/dari kanan ke kiri), maupun vertikal (menurun/dari atas ke bawah). Peletakan biji huruf dengan susunan diagonal (miring) tidak diizinkan dalam permainan ini.
6.      Kata pertama yang dibentuk oleh pemain pertama harus melewati kotak paling tengah pada papan permainan, yang ditandai dengan gambar bintang.
7.      Pemain pertama menyelesaikan gilirannya dengan menghitung dan mengumumkan jumlah skor (nilai) yang didapat dari penghitungan total skor kata yang dibentuknya, kemudian mencatatnya. Skor huruf tertulis pada bagian pojok bawah setiap biji huruf.
8.      Setelah pemain pertama berhasil membentuk satu kata dari huruf-huruf yang dimiliknya, kemudian pemain pertama mengambil biji huruf baru sejumlah keping biji huruf yang telah dipergunakan sebelumnya, sehingga dia tetap mempunyai tujuh biji huruf di rak hurufnya.
9.      Demikian pula pemain kedua dan seterusnya. Giliran selanjutnya berputar dari arah pemain pertama, berurutan searah jarum jam.
10.   Masing-masing pemain mendapat giliran bermain dan membentuk satu kata baru dengan menambahkan sebuah atau lebih biji huruf pada papan permainan. Peletakan biji huruf harus tetap pada posisi vertikal ataupun horizontal, dimana salah satu biji huruf dari kata bentukan yang baru harus melewati biji-biji huruf yang sudah terbentuk pada papan permainan, tanpa merubah posisi semula.
11.   Kata-kata baru dapat dibentuk dengan beberapa cara berikut:
a.      Menambahkan satu atau lebih huruf pada satu kata atau huruf yang telah disusun oleh pemain sebelumnya pada papan permainan
b.      Meletakkan huruf-huruf secara bersilang pada suatu kata atau huruf yang telah tersusun di atas papan permainan
c.      Metelakkan sebuah kata secara sejajar dengan kata yang ada di atas papan permainan dengan tetap menempel pada huruf atau kata sebelumnya
d.      Menyisipkan sebuah huruf atau lebih diantara kata-kata yang sudah terbentuk di papan permainan, sehingga rangkaian huruf yang terbentuk dari kedua arah merupakan huruf yang lengkap, tanpa merusak susunan kata sebelumnya.
12.   Biji kosong merupakan “Joker” yang bisa digunakan sebagai huruf apapun, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemain yang mendapatkannya. Pemain harus menyatakan huruf apa yang dia kehendaki, dan setelah itu huruf tersebut tidak dapat dirubah kembali selama permainan berlangsung. Biji kosong ini tidak memiliki skor huruf (berniali nol).
13.   Setiap pemain yang tidak dapat membentuk satu kata dengan huruf-huruf yang dia miliki harus mengucap kata “pas” atau “lewat”, sehingga ia kehilangan gilirannya, dan secara otomatis dilanjutkan oleh giliran pemain selanjutnya.
14.   Semua kata yang terdapat dalam kamus dapat digunakan, kecuali nama-nama khusus, singkatan-singkatan, nama orang/tokoh, nama tempat/daerah, dll. Pemain diperbolehkan memeriksa dengan kamus untuk mencocokkan benar tidaknya susunan huruf pada suatu kata yang diragukan semua pemain. Proses ini dilakukan setelah pemain membentuk suatu kata yang diragukan kebenaran susunannya oleh pemain lainnya. Jika ternyata kata tersebut tidak dapat diterima, si pemain harus mengambil kembali biji-biji yang dia pakai dan kehilangan giliran bermainnya.
15.   Permainan dinyatakan berakhir jika:
16.   Semua biji huruf habis digunakan atau tidak terdapat area pada papan permainan,
·      Sisa huruf yang dimiliki masing-masing pemain sudah tidak dapat digunakan untuk membentuk huruf lagi.
·      Adanya kesepakatan waktu bermain yang ditentukan di awal permainan
·      Adanya kesepakatan poin maksimal yang harus dicapai, sehingga permainan dinyatakan selesai ketika salah seorang pemain telah mencapai jumlah poin tersebut dan menjadi pemenang.


Cara Penghitungan Skor:
1.      Jumlah poin yang diperoleh oleh pemain ditentukan dari penjumlahan seluruh poin huruf dari kata yang berhasil dibentuknya. 
Misal:
Pada giliran pertama, pemain pertama memiliki 7 huruf sebagai berikut:
و 2
س 2
د 2
ا 1
م 2
ء 7
ر 2
Ia berhasil membentuk kata (مدرس),
س 2
ر 2
د 2
م 2
maka jumlah poin yang diperoleh pemain pertama pada giliran pertamanya adalah:  2+2+2+2= 8
2.      Poin ini bisa bertambah dan berlipat ganda jika biji-biji hurufnya melewati papan bidang istimewa (petak-petak khusus dengan warna yang berbeda)
Nilai bidang istimewa adalah sebagai berikut:

Warna Petak
Bentuk Petak
Fungsi
Penjelasan
Jumlah
Merah
Mengalikan poin seluruh huruf dari satu kata yang terbentuk di atas bidang berwarna “merah” ini, sebanyak 3 kali lipat
(Triple Word Score)
Bila kata yang dibuat menyentuh petak berwarna merah ini, maka poin untuk kata tersebut
dikalikan 3
8
petak
Ungu
Mengalikan poin seluruh huruf dari satu kata yang terbentuk di atas bidang berwarna “ungu” ini, sebanyak 2 kali lipat
(Double Word Score)
Bila kata yang dibuat menyentuh petak berwarna ungu ini, maka poin untuk kata tersebut dikalikan 2
16 petak
Kuning
Mengalikan poin huruf yang terletak di atas bidang berwarna “kuning” ini, sebanyak 3 kali lipat
(Triple Letter Score)
Ubin biji huruf yang diletakkan di atas petak berwarna kuning ini, nilai hurufnya dikalikan 3
24
petak
Pink
Mengalikan poin huruf yang terletak di atas bidang berwarna “pink” ini, sebanyak
2 kali lipat
(Triple Letter Score)
Ubin biji huruf yang diletakkan di atas petak berwarna pink ini, nilai hurufnya dikalikan 3
12
petak

3.      Nilai tambah hanya berlaku satu kali, yaitu pada giliran pemain yang membentuk satu kata pada bidang itu pertama kali. Pada giliran selanjutnya, nilai huruf tersebut terhitung sesuai dengan poin yang tertera pada biji huruf yang dimainkan (bidang istimewa tidak berfungsi lagi).

4.      Penghitungan poin bersifat kumulatif. Jadi, total nilai pada giliran sebelumnya selalu ditambahkan dengan total nilai pada giliran selanjutnya.

Keistimewaan permainan ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
1. Bermain scrabby dengan papan magnetik (cocok untuk kelompok kecil)



2. Bermain scrabby dengan papan banner (cocok untuk kelas besar)



2 comments:

  1. kak mintak email boleh?? mau konsultasi ..

    ReplyDelete
  2. maaf kak apa kami bisa bertanya lebih
    mungkin bisa d konfirmasi melalui email atau melalui nomer. WA?

    ReplyDelete