Saturday, June 7, 2014

SEKILAS TENTANG 5 WEBSITE MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (1)


Teknologi pembelajaran amatlah penting diterapkan untuk mempercepat pemahaman siswa dan agar proses belajar bejalan lebih menarik. Di dunia maya, sangat banyak situs yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran bahasa arab. Mulai dari yang sudah didesain sebagai media interaktif multimedia, maupun yang belum di desain dan harus diolah seperti file mp3 maupun video-video bahasa arab.

Beberapa situs juga ada yang didesain sebagai alat bantu belajar bahasa Arab. Berikut ini adalah lima situs yang cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa arab untuk anak-anak:
1.      http://www.areeg.org
Website ini adalah milik Pusat Pengembagan Software Pendidikan Pemerintah Kuwait yang bekerja sama dengan Ma’had Kuwait. Dalam web ini disediakan data-data elektronik pendidikan dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga tingkat SLTA (tentu dengan kurikulum setempat). Berisi semua mata pelajaran, termasuk bahasa arab. Tiap mata pelajaran disediakan data yang diklasifikasikan berupa e-book, contoh kegiatan interaktif, percobaan ilmiah, video tutoria, latihan, model visual, file presentasi dan hasil evaluasi. Tidak hanya bisa mendownload, kita juga bisa mengupload data ke dalam web ini.

Disini para kita guru bahasa arab (indonesia) bisa menyesuaikan tema yang dibutuhkan dengan materi yang disediakan disana. Kelebihan web ini disamping menyediakan data lengkap sejak tingkat TK, juga karena penataannya yang rapi. Web ini amat mudah digunakan dan dipahami. Jadi bagi yang penguasaan bahasa arabnya pas-pasan jangan khawatir. Banyak gambar diatas teks yang membantu, apalagi pengklasifikasianpun tidak rumit sama sekali. 

Dari namanya sudah bisa diketahui kalau web ini tidak jauh beda dengan web yang saya paparkan sebelumnya. Yaitu berisikan data-data elektronik untuk siswa sekolah. Bagi guru bahasa Arab, langsung saja melihat ke sebelah kanan layar, klik ‘marhalah’ yang maksud lalu klik ‘bahasa arab’ (paling atas). Disana kita bisa memilih topik berisikan tampilan berupa materi, percakapan bergambar bahkan video bergerak. Semakin rendah tingkatannya maka sajiannya semakin sederhana pula dan banyak warna.

Meskipun tidak semenarik tampilan areeg.com namun isinya sebenarnya lebih komplit. Juga karena tidak banyak gambar, maka web ini ringan, cocok untuk pengguna internet dengan koneksi lambat. Web ini juga manyajikan data-data pelengkap  lain, seperti perangkat pembelajaran, data keilmuan, game dan lainnya.

Program-program adalam web ini dirancang untuk anak (penutur arab) usia 4-7 tahun, tanpa kemampuan membaca atau menulis. Tahap awal program dirancang untuk mengajarkan alfabet dalam berbagai bentuk dan metode pembentukan, sedangkan stadium lanjut dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar membaca dan menulis, dengan kemampuan membentuk kalimat-kalimat pendek.

Ada lebih dari dua ratus game pendidikan disini, mulai dari yang termudah huruf abjad, dan berakhir belajar kalimat pendek. Gamenya sangat beraneka ragam dan menarik. Namun harus menggunakan koneksi internet yang tinggi, karena datanya berat. Selain itu, dalam web ini juga ada lima puluh cerita bergambar. Cerita tersebut diklasifikasikan sesuai tingkatan. Sayangnya, untuk permainan apabila mengikuti sistem poin/harta karun, secara runtut, maka harus mengikuti yang berbayar.
Situs gratis pembelajaran bahasa arab online ini menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris.  Web ini dikelola oleh para pakar dan telah menghabiskan puluhan ribu dolar dalam penyempurnaan isinya. Karena itu isinya sangat luas dalam pembelajaran bahasa arab. Ada pembelajaran maharah qiroah, muforad aplikatif, latihan-latihan, diskusi dan data-data yang bisa di download. 

Web ini juga menyediakan layanan konsultasi baik melalui telpon, email, skype juga we-chat. Tapi tentu dibutuhkan bahasa Inggris dasar untuk memahami instruksi dan keterangan sederhana dalam web ini.


Pemilik web ini menamai dengan Belajar Bahasa Arab Online ini. Web ini berisi data-data yang dikumpulkan dari situs lain, khususnya youtube. Ada banyak video yang telah dikumpulkan yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa arab. 

Dalam web blog ini juga sudah diklasifikasikan kategori-kategori videonya sehingga mempermudah dalam pencarian. Jadi dengan melihat isi blog ini kita semacam melihat khulashoh youtube yang memuat khusu video untuk pembelajaran bahasa arab. Bahasa pengantarnya bahasa Indonesia, jadi lebih mudah


Sebenarnya ada banyak situs lain yang berisikan serupa, media online untuk pembelajaran bahasa arab. Namun untuk kali ini hanya 5 situs ini yang bisa diulas. Permasalahannya kebanyakan situs-situs tersebut diperuntukkan untuk penutur arab asli, adapun web yang disetting untuk penutur orang Indonesia biasanya masih memakai teori lama bahasa, yang mengedepankan pada gramatikal.

Semoga bermanfaat.

*Disarikan dari UTS TEP teman-teman PBA Pascasarjana UIN Malang 2013; M. Barqus, Dewi Rusli, Fikriyah Mahyaddin (dengan izin)

2 comments: