Friday, May 23, 2014

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013

A.    BAHASA ARAB
E.1.    KELAS VII SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
          baik secara lisan maupun tertulis.
3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan:                                   
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
4        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
ا التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3     Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
          dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية"؛ الألوان؛
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib:
المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر(الصفة) والجهات؛ الضمائرالمفردة المتصلة

E.2.    KELAS: VII SEMESTER II
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.

3        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
          baik secara lisan maupun tertulis.
3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
4        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik:
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang :
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
          dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib:
الأرقام1 - 100؛ خبرمقدم (الجهات، عند، اللام) + مبتدأ مؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)

E.3.    KELAS: VIII SEMESTER I
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislamana yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.

3        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
          baik secara lisan maupun tertulis.

3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
          Arab yang berkaitan dengan:
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
4        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai kontek             
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang :
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
          dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib:
أسئلة عن الساعة؛ الجملة الاسمية؛ الجملة الفعلية والفاعل المفرد؛ المفعول به؛ الجملتان وأنواع الجمع
 

E.4.    KELAS: VIII SEMESTER II
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislamana yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
          baik secara lisan maupun tertulis.

3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
          Arab yang berkaitan dengan:
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
4        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang :
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
          dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنة الطبية؛ عيادة المرضى
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib:
(أنلنلِـ) + فعل مضارع؛ المصدرالصريح؛ الفعل الماضي والجملة الفعلية


E.5.    KELAS : IX SEMESTER I
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.

3        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1    Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
          baik secara lisan maupun tertulis.
3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa
          Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
4        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
4.4  Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang :
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
          dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib:
تصريف الفعل الماضي؛ كان واسمها وخبرها المفرد؛ (لاالناهية، لم) + الفعل المضارع؛ المجرد والمزيد من الفعل الثلاثي

E.6.     KELAS : IX SEMESTER II
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.

3        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1    Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
          baik secara lisan maupun tertulis.
3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
4        Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang :
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
          dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib:
فعل الأمر وتصريفه؛ الموصول (الذي، التي، الذين، اللاتي)؛ اسم التفضيل


0 comments:

Post a Comment