Saturday, October 7, 2023

Pidato Bahasa Arab tentang Merdeka Belajar

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ الْعِلْمَ نُورًا يَهْتَدِي بِهِ مَن يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ ۚ وَالسَّلَامُ عَلَىٰ مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَىٰ

أَمَّا بَعْدُ،

أَعِزَّائِي الحَضْرَة،

الحُرِّيَّةُ هِيَ قَيْمَةٌ عَظِيمَةٌ نَسْعَى جَمِيعًا إِلَيْهَا، وَالتَّعْلِيمُ هُوَ وَسِيلَةٌ لِتَحْقِيقِ تِلْكَ الحُرِّيَّةِ. الحُرِّيَّةُ فِي التَّعْلِمِ وَالتَّعْلِيمِ تَعْنِي أَنْ نَكُونَ مُسْتَقْلِّينَ وَمُبْدِعِينَ، وَأَنَّنَا نَتَعَلَّمُ بِاسْتِمْرَارٍ وَنَنْمُو دَائِمًا.

تَمَّرُّ الأمَمُ بِتَطْوِيرٍ وَتَقَدُّمٍ عَنْ طَرِيقِ التَّعْلِيمِ، وَلِذَلِكَ نَحْنُ نَحْتَفِلُ بِمُفْهَوَمِ الحُرِّيَّةِ فِي التَّعْلِمِ وَالتَّعْلِيمِ، وَنُطْلِقُ عَلَيْهَا "مَرْدِيْكَ بِلَغْرَ"، حِيْثُ يُشْجَعُ الطُّلَّابُ عَلَى أَنْ يَكُونُوا مُبْتَكِرِينَ وَمُستَقْلِّينَ فِي تَعْلِمِهِمْ.

هَذَا النَّهْجُ يُمَثِّلُ أَيْضًا رَؤْيَتَنَا لِلتَّعْلِيمِ فِي المُسْتَقْبَلِ، حَيْثُ يَتَعَيَّنُ عَلَيْنَا تَمْكِيْنُ الطُّلَّابِ بِالمَهَارَاتِ الَّتِي تُمْكِنُهُمْ مِنْ تَحَقِيْقِ أَهْدَافِهِمْ الشَّخْصِيَّةِ وَالمُسْتَدَامَةِ، مُعَزِّزِيْنَ قُدْرَتِهِمْ عَلَى صِنَاعَةِ مُسْتَقْبَلِهِمْ.

أَعِزَّائِي الحَضْرَة،

لِنَحْقِقَ حُلُمًا بِمُجْتَمَعٍ أَفْضَلِ وَمُستَدَامٍ، يَجِبُ عَلَيْنَا دَعْمَ التَّعْلِيمِ وَمُنَحَ الحُرِّيَّةِ لِلطُّلَّابِ لِتَعْلِمِ مَا يَشَاءُونَ وَفِقًا لِاهْتِمَامَاتِهِمْ وَمَيْلِهِمْ. إِنَّ التَّعْلِيمَ هُوَ السِّلاَحُ الَّذِي نَسْتَخْدِمُهُ لِبِنَاءِ مُسْتَقْبَلِ أَفْضَلِ لِنَا جَمِيْعًا.

أَشْكُرُكُمْ عَلَى انْتِبَاهِكُمْ وَاهْتِمَامِكُمْ.

 


Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan ilmu sebagai cahaya yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, dan salam sejahtera bagi mereka yang mengikuti petunjuk.

Hadirin yang terhormat,

Kemerdekaan adalah nilai yang sangat berharga yang kita semua dambakan, dan pendidikan adalah sarana untuk mencapai kemerdekaan tersebut. Kebebasan dalam belajar dan mengajar berarti kita menjadi individu yang mandiri dan kreatif, serta terus-menerus belajar dan tumbuh.

Bangsa-bangsa berkembang dan maju melalui pendidikan, dan itulah mengapa kita merayakan konsep Merdeka Belajar, di mana para siswa didorong untuk menjadi inovator dan mandiri dalam pembelajaran mereka.

Pendekatan ini juga mencerminkan visi kita untuk pendidikan di masa depan, di mana kita harus memberdayakan siswa dengan keterampilan yang memungkinkan mereka mencapai tujuan pribadi dan berkelanjutan, serta meningkatkan kemampuan mereka untuk menciptakan masa depan mereka sendiri.

Hadirin yang terhormat,

Untuk mencapai impian masa depan yang lebih baik dalam masyarakat yang berkelanjutan, kita harus mendukung pendidikan dan memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai minat dan minat mereka. Pendidikan adalah senjata yang kita gunakan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi kita semua.

Terima kasih atas perhatian dan kepedulian Anda.

0 comments:

Post a Comment