Thursday, May 7, 2015

MEDIA FLASH BAHASA ARAB ALAT-ALAT TRANSPORTASI (DOWNLOAD)

Produk multimedia pembelajaran  ini dibuat menggunakan Macromedia Flash 8. File ini merupakan hasil racikan dari perpaduan gambar-gambar, suara, video serta font. Namun editing video juga memakai Movie Maker, sedang dalam menampilkan teks arab terlebih dahulu diketik di Power Point.

Secara garis besar produk berbasis flash ini terbagi menjadi 3 bagian:
1.    Halaman depan, yaitu halaman pertama yang muncul saat file dibuka
2.    Halaman sub menu, yaitu halaman yang berisi sub menu pilihan dalam produk ini.
3.    Halaman isi, yaitu isi yang muncul saat salah satu sub menu dipilih.

Berikut ini akan saya tampilkan satu per satu halaman pada produk multimedia interaktif dengan keterangan singkat padat.

1.    Halaman Depan

Halaman ini terdiri dari beberapa komponen, yakni: judul (indonesia dan arab), nama pembuat dan pembimbing produk, logo UIN Maliki, gambar animasi pendukung serta tombol untuk memulai materi.
Saat file media ini diklik halaman inilah yang pertama kali keluar, dengan beberapa variasi gerak pada font, dan logo yang berputar, dengan iringan lagu rancak. Sedang saat klik tombol untuk memulai diklik, maka akan masuk ke halamn berikutnya dan berbunyilah suara basmalah ‘Syekh Toha’ saat masih kecil.

2.    Halaman Menu

 

Ini adalah halaman yang bakal sering ditemui saat membuka media ini. Dikarenakan pada halaman inilah pengguna bisa memilih menu/fitur apa yang dibuthkan pada media ini. Menu-menu tersebut ada 8 yaitu:
a.    SK  & KI
b.    MATERI 1
c.    MATERI 2
d.    PENGAYAAN
e.    LATIHAN
f.    EVALUASI
g.    KAMUS
h.    REFERENSI

Selain menampilkan menu-menu yang bisa dipilih, halaman ini juga menampilkan judul materi di sebelas atas halaman, tombol play dan stop lagu pengiring, identitas media digaris luar. Adapun lagu pengiring berupa lagu Darrojati, yaitu lagu “Sepedaku” versi bahasa arab.

3.    SK dan KI (Maksudnya itu KI dan KD)
 

Merupakan halaman yang muncul saat tombol SK dan KI di klik pada halaman menu. Pada halaman ini akan nampak Standar Kompetensi dan Kompetensi Inti pada materi media ini sesuai kurikulum 2013. Yang dimaksud tentu saja materi Bahasa Arab dengan tema Alat-Alat Transportasi, untuk siswa MI kelas 2 semester genap.

4.    Materi I



Halaman ini akan muncul tatkala pengguna mengklik tombol Materi I pada halaman menu. Akan nampak 4 gambar alat transportasi dengan 4 bacaan arab disampingnya. Sengaja tidak menampilkan arti agar tidak mengahalangi syaraf siswa dalam mengekspresikan gambar sebelahnya.

Penekanan pada halaman ini agar siswa mendengar bacaan kemudian mengekspresikannya dengan menirukan dan mengasosiasikan gambar disebelahnya. Suara dapat diperdengarkan dengan mengklik masing-masing gambar.

5.    Materi II



Halaman ini akan muncul tatkala pengguna mengklik tombol Materi II pada halaman menu. Akan nampak 4 gambar alat transportasi yang berbeda dengan Materi I dengan percakapan disampingnya. Gambar menggunakan gambar asli, bukan animasi.

Penekanan pada halaman ini agar siswa mau mengekspresikan bahasa arab lewat komunikasi/muhadatsah. Adapun pada halaman ini suara dapat didengar dengan mengklik kotak percakapan.

6.    Pengayaan



Setelah menyajikan 2 materi dengan format berbeda selanjutnya adalah Pengayaan. Pada halaman ini hanya nampak opsi pilihan kepada pengguna media untuk memilih salah satu materi pengayaan. Ada dua pilihan yang bisa dilihat dengan mengklik tombol diatasnya. Dua pilhan tersebut adalah Sholawat Badar Alat Transportasi atau Rukubul Arobah, Lagu Naik Delman Berbahasa Arab.

7.    Video Sholawat Badar

 
Ini adalah halaman yang muncul setelah tombol sholawat badar di klik pada menu pengayaan. Berisi video sholawat badar yang dikombinasikan dengan materi alat transportasi bahasa arab. Teks disediakan di dalam video sesuai dengan yang dinyanyikan. Video ini dinyanyikan secara langsung oleh siswa Madrasah Ibtidaiyyah di kawasan Pasuruan.

8.    Video Rukubul Arobah


Halaman yang muncul setelah tombol rukubul arobah di klik pada menu Pengayaan. Berisi video lagu ‘naik delman’ dengan menggunakan bahasa arab. Teks lagu disediakan di tengah halaman dengan pendukung gambar delman disampingnya. Video ini berupa lifesing penyusun media dengan memakai MP3 lagu tersebut.

9.    Latihan


Halaman sub menu Latihan. Halaman ini berisi game Drag and Drop. Menjodohkan antara mufrodat alat transportasi dengan gambarnya. Tulisan baru bisa menempel dengan gambar apabila sesuai, jika tidak maka akan kembali ke asalnya. Halaman ini diharapkan bisa menjadi media latihan untuk memahami materi lebih lancar lagi.

10.    Evaluasi



Halaman ini muncul setelah tombol menu Evalusi di klik. Evaluasi soal akan muncul saat tombol bismillah di klik.

11.    Kuis



Merupakan halaman depan dari soal-soal evaluasi. Soal tersiri dari 20 item dengan 4 macam klasifikasi. Baru bisa masuk setelah mengisi identitas. Dikerjakan maksimal 45 menit, siswa dianggap berhasil bila mendapat nilai minimal 75, atau benar 75 % dari seluruh pertanyaan.

12.    Kamus


Sub menu ke tujuh adalah Kamus Mufrodat. Berisi mufrodat-mufrodat yang dipakai pada materi media Flash ini beserta artinya. Halaman ini berfungsi mempermudah mencari arti ketika mengulang memori arti-arti  materi alat transportasi.

13.    Referensi



Halaman menu terakhir pada media interaktif bahasa arab ini adalah Referensi. Sudah tentu isinya berupa sumber-sumber rujukan dalam penyusunan materi media flash ini.

Download siap pakai (.exe) klik huna
Download mentahan, minus video (.fla) klik huna

7 comments: