Thursday, May 22, 2014

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYYAH (KURIKULUM 2013) KELAS 1 - 3

E.     BAHASA ARAB
E.1.    KELAS I SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1



2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛التعارف؛ الأدوات الكتابية؛
الأدوات المدرسية)
baik secara lisan maupun tulisan
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛التعارف؛ الأدوات الكتابية؛
الأدوات المدرسية)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛
الأدوات المدرسية)

4.2.
Menyebutkan makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(عمَلا لكَشْف؛التعارف؛ الأدوات الكتابية؛
الأدوات المدرسية)
Ungkapan Komunikatif
Seperti:
بسم الله الرحمن الرحيم نَعْمَل الكَشْف - حَاضِر،مَوْجُوْد، غَائِب أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ  - اِجْلِسْ- تَعَال إِلَى الأَمَام اِفْتَحْ الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة -  اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب !،- أَغْلِقْ الكِتَاب!- اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! اِسْتَمِعْ جَيِّدًا! - أَعِدْ  اِسْأَلْ، أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب.






E.2.    KELAS I SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1




2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
(العدد1 - 10؛أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
baik secara lisan maupun tulisan
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
(العدد1 - 10؛أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
(العدد1 - 10؛أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
4.2.
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(العدد1 - 10؛ أسماء الأيام؛ بعض أسماء الفواكه؛ بعض الألوان)
Ungkapan Komunikatif
Seperti:
بسم الله الرحمن الرحيم نَعْمَل الكَشْف - حَاضِر،مَوْجُوْد، غَائِب أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ- تَعَال إِلَى الأَمَام اِفْتَحْ الكِتَاب،اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة -  اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب!  - أَغْلِقْ الكِتَاب!- اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! اِسْمَع !- اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ جَيِّدًا! - أَعِدْ  اِسْأَلْ–أَجِبْ - قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب.





E.3.    KELAS II SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1




2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
أفراد المدرسة ؛الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
baik secara lisan maupun tulisan
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
3.3
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
4.2.
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
4.3



Membaca ujaran kata (mufradat) terkait  topik:
أفرادالمدرسة؛ الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة
Ungkapan Komunikatif
Seperti: بسم الله الرحمن الرحيم نَعْمَل الكَشْف -حَاضِر،مَوْجُوْد، غَائِب أَيْنَ فُلان؟ - عبارةالتحيات اليومية - قِفْ  - اِجْلِسْ- تَعَال إِلَى الأَمَام اِفْتَحْ الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب !،- أَغْلِقْ الكِتَاب!  - اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ جَيِّدًا! أَعِدْاِسْأَلْ،أَجِبْ،قُلْ - اِقْرَأْ ! طيّب هَيَّ انَقْرَأْ! – اِرْفَعْ صَوْتَك! – وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًابالـْمَجْمُوْعَة مَرَّةً أُخْرَى!





E.4.    KELAS II SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1
Menerima anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2
Menerima keberadaan Allah SWT atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1



2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛الأدوات في البيت
baik secara lisan maupun tulisan
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارةالمرور؛ الأدوات في البيت
3.3
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛الأدوات في البيت
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛ الأدوات في البيت
4.2.
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
آلات المواصلات؛ إشارةالمرور؛ الأدوات في البيت
4.3


Membaca ujaran kata (mufradat) terkait  topik:
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛ الأدوات في البيت
Ungkapan Komunikatif
Seperti:
بسم الله الرحمن الرحيم نَعْمَل الكَشْف - حَاضِر،مَوْجُوْد، غَائِب أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ  - اِجْلِسْ- تَعَال إِلَى الأَمَام اِفْتَحْ الكِتَاب،اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة -  اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب !،- أَغْلِقْ الكِتَاب! اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ جَيِّدًا!  - أَعِدْ  اِسْأَلْ،أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! -طيّب هَيَّا نَقْرَأْ!  - اِرْفَعْ صَوْتَك!  - وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًابالـْمَجْمُوْعَة  - مَرَّةً أُخْرَى!




E.5.    KELAS III SEMESTER GANJIL
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1
Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2
Meresapi keagungan Allah SWT atas penciptaan makhluk hidup dan keragaman bahasa
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1



2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, tetangga, teman dan guru
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, tetangga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
3.3
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض

3.4
Memahami mufradat dan teks sederhana terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
4.2.
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
4.3
Membaca ujaran kata (mufradat) terkait  topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
4.4
Menyalin mufradat dan teks sederhana terkait topik:
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
Ungkapan Komunikatif
Seperti:
بسم الله الرحمن الرحيم نَعْمَل الكَشْف -حَاضِر، مَوْجُوْد، غَائِب أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ - اِجْلِسْ تَعَال إِلَى الأَمَام اِفْتَحْ الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة -  اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب ! – أَغْلِقْ الكِتَاب! اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! اِسْتَمِعْ جَيِّدًا! - أَعِدْ  اِسْأَلْ، أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب .
هَيَّا نَقْرَأْ!  - اِرْفَعْ صَوْتَك!  - وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًابالـْمَجْمُوْعَة - مَرَّةًأُخْرَى! - خُذْ!   - أَعْطِنِيْ، هَاتجَاءَ وَقْتُ الاسْتِرَاحَة اِنْتَهَى دَرْسُنَا- الحمدلله - بِسُرْعَة!





E.6.    KELAS III SEMESTER GENAP
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1
Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2
Meresapi keagungan Allah SWT atas penciptaan makhluk hidup dan keragaman bahasa
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1




2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, tetangga, teman dan guru
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, tetangga, teman, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.
Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
3.2.
Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
3.3
Mengenal ujaran kata (mufradat)terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات


3.4
Memahami mufradat dan teks sederhana terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.
Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
4.2.
Menyebutkanmakna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
4.3
Membaca ujaran kata (mufradat) terkait  topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
4.4
Menyalin mufradat dan teks sederhana terkait topik:
أعضاء الأسرة؛ حالة الحديقة؛ مناظرالعالم؛
أسماء الحيوانات
Ungkapan Komunikatif
Seperti:
بسم الله الرحمن الرحيم نَعْمَل الكَشْ -حَاضِر، مَوْجُوْد، غَائِب أَيْنَ فُلان؟ - عبارة التحيات اليومية - قِفْ  - اِجْلِسْ تَعَال إِلَى الأَمَام اِفْتَحْ الكِتَاب، اِفْتَحْ هَذِهِ الصَفْحَة -  اُنْظُرْ إِلَى الكِتَاب ! – أَغْلِقْ الكِتَاب!-  - اُنْظُرْ إِلَى السَبُّوْرَة ! - اِسْمَع !،اِسْتَمِعْ! – اِسْتَمِعْ جَيِّدًا!  - أَعِدْ  اِسْأَلْ، أَجِبْ، قُلْ - اِقْرَأْ ! - طيّب .
هَيَّا نَقْرَأْ! – اِرْفَعْ صَوْتَك!- وَالآن دَوْرُك/ وَالآن أَنْت - جَمِيْعًابالـْمَجْمُوْعَة مَرَّةً أُخْرَى! - خُذْ!   - أَعْطِنِيْ، هَاتجَاءَ وَقْتُ الاسْتِرَاحَة اِنْتَهَى دَرْسُنَا- الحمدلله - بِسُرْعَة!





0 comments:

Post a Comment